4 Langkah P3K pada Anak yang Mengalami Luka


Klik Formasi - Anak memiliki kebiasaan bermain yang sulit untuk dicegah, bahkan permainan anak tersebut beresiko cedera ataupun luka. Bagi orang tua perlu untuk lebih mempelajari langkah – langkah pertolongan pertama pada luka yang dialami anak. Dengan pengetahuan P3K secara dini kemungkinan besar mengatasi luka pada anak akan lebih cepat tanggap. Selain bermanfaat untuk menangani luka pada anak, mengetahui langkah – langkah P3K ini sangat bermanfaat pula untuk membantu sesama jika dibutuhkan.

Perlu juga Anda ketahui bahwa luka lecet yang dialami anak umunya biasa – bisa saja. Tetapi jika tidak ditangani secepatnya dapat mengakibatkan infeksi dan gangguan kesehatan kulit lainnya. Anda tidak ingin hal tersebut terjadi? Maka dari itu, perlu mengetahui langkah – langkah P3K pada anak saat ia mengalami luka lecet.

1. Gunakan sarung tangan latex jika ada dan diperlukan
Saat anak luka, sebaiknya tidak sembarangan memegang luka tersebut. Karena bisa menimbulkan infeksi lain yang disebabkan dari tangan yang terkontaminasi bakteri, dihawatirkan pula luka pada anak menjadi lebih parah. Gunakanlah sarung tangan latex sebagai pelindungnya.

2. Bersihkan luka anak dengan air mengalir
Ketika anak mengalami luka lecet, ada baiknya sebelum dibalut dengan plester, dibersihkan terlebih dahulu secara pelan – pelan. Tujuannya agar kotoran atau debu yang menempel bisa hilang dan luka menjadi bersih.

3. Keringkan luka dengan kapas atau kasa
Setelah dibersihkan, keringkan luka tersebut dengan kapas atau kasa hingga kering. Tujuannya agar plester yang nantinya akan dipasang bisa merekat secara optimal.

4. Balut luka dengan hansaplast plester kid
Plester hansaplast mempunyai beragam produk termasuk plester untuk anak. Saat terjadi luka lecet pada anak, langkah terakhir setelah tiga langkah awal tadi yaitu balut luka tersebut dengan hansaplast plester kid. Plester ini dapat menjaga luka pada anak dari sentuhan debu dan kotoran dari luar, sehingga luka tersebut pun tidak akan infeksi.

Hansaplast plester memiliki kandungan antiseptik yang dapat mencegah infeksi dan luka pun menjadi cepat kering dan akhirnya sembuh.
Newest
Previous
Next Post »