Sobat Ingin Merenovasi Rumah Minimalis? Ini Dia Estimasi Biaya Yang Diperlukan


Klik Formasi - Memiliki rumah yang nyaman dan aman adalah impian bagi semua orang. Rumah yang nyaman dan aman memberikan rasa betah untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Sebelum sobat membeli sebuah rumah, tentu harga dari rumah tersebut menjadi bahan pertimbangan. Sekarang ini sudah menjadi tren membuat dan merenovasi rumah minimalis yang nyaman dan lebih terjangkau. Biaya renovasi rumah minimalis 2 lantai lebih terjangkau dan hemat di kantong dan sobat bisa menentukan sendiri desainnya. 

Terbatasnya lahan membuat sobat harus bisa memaksimalkan ruang yang ada. Bagi sobat yang menginginkan rumah minimalis, harus mengetahui estimasi biaya dalam pembangunannya. Sobat harus teliti dan cermat sebelum membangun sebuah rumah minimalis agar tidak menguras kantong saat proses renovasi rumah berlangsung. Yuk simak ulasan berikut tentang biaya renovasi rumah minimalis 2 lantai. 

1. Menghitung biaya renovasi secara umum
Sebelum memulai renovasi, sobat harus menghitung biaya pembangunan dengan perhitungan kasarnya secara umum. Sobat bisa mendapatkan informasi dari teman-teman yang sebelumnya sudah pernah membangun rumah. Semakin luas bangunan yang akan sobat renovasi maka semakin besar juga biaya yang harus sobat keluarkan. Sebelum sobat mau menghitung biayanya, sobat harus menentukan terlebih dahulu tipe rumah yang diinginkan agar semuanya lebih jelas. 

2. Melakukan perhitungan harga satuan
Material yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah hunian cukup banyak. Dari material-material yang dibutuhkan, sobat bisa menghitung besaran biaya renovasi rumah minimalis 2 lantai. Mencari daftar harga material bangunan bisa menjadi acuan dalam menentukan biaya renovasi. Setelah sobat membuat denah rumah, sobat bisa merinci material yang dibutuhkan berdasarkan luas bangunan yang sobat inginkan. 

3. Memperkirakan ongkos jasa tukang
Selain dua hal di atas, sobat harus memperkirakan ongkos jasa tukang yang harus dibayar dalam proses pembangunan berlangsung. Keberadaan tukang sangat penting karena merekalah yang menjadi penggerak terwujudnya rumah minimalis impian sobat. Biasanya biaya ongkos tukang per harinya dihargai sekitar Rp. 75.000 hingga Rp. 100.000. Semakin banyak pekerja maka rumah yang sobat renovasi akan semakin cepat selesai. 

Sobat bisa memilih pekerja harian maupun borongan. Sobat perlu mengetahui, bahwa harga untuk mempekerjakan tukang borongan memang lebih murah, namun biasanya hasil pekerjaannya seringkali mengecewakan. Hal ini dikarenakan pekerja borongan dibayar lebih murah dan dituntut bekerja tepat waktu sehingga seringkali mengabaikan hasil sesuai keinginan pemilik rumah. 

4. Menyisihkan dana untuk biaya tak terduga
Selain biaya yang disebutkan di atas, sobat perlu menyisihkan biaya yang tidak terduga di dalam anggaran. Biaya tak terduga ini sangat diperlukan apabila ada biaya-biaya lain yang dibutuhkan selama proses renovasi rumah berlangsung. Biaya ini digunakan sebagai antisipasi dan persiapan apabila ada tambahan kebutuhan yang lain untuk mempercantik rumah minimalis sobat. Sobat bisa menambahkan 10% dari biaya renovasi rumah minimalis 2 lantai secara keseluruhan sebagai biaya tak terduga. 

Membangun rumah impian tidak terlalu membingungkan, bukan? Sobat hanya perlu mendesain rumah idaman sehingga sobat bisa membuat estimasi budget untuk renovasi rumah. Membangun rumah sendiri bisa memperkirakan biaya renovasi rumah minimalis 2 lantai dan hal tersebut bisa menekan biaya yang sobat keluarkan
Demikianlah ulasan tentang estimasi biaya yang diperlukan untuk merenovasi rumah minimalis. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi sobat sehingga sobat bisa membangun rumah sesuai dengan yang diinginkan dan diperhitungkan. Selamat membangun rumah impian sobat, sehingga waktu berkumpul bersama keluarga di rumah menjadi lebih bermakna. 

Previous
Next Post »