Tujuan Pembuatan Analisis Keuangan Finansial

Klik Formasi - Analisis keuangan finansial digunakan untuk menilai atau menganalisa kelangsungan usaha, stabilitas, profitabilitas dari suatu usah, sub usaha ataupun proyek. Analisis keuangan tersebut pada umumnya dilakukan oleh seorang profesional yang menyajikan laporan dalam bentuk rasio yang menggunakan informasi sebagaimana tersaji dalam laporan keuangan. Laporan tersebut juga dibuat untuk ditujukan pada pimpinan puncak suatu usaha sebagai acuan untuk mengambil suatu kebijakan perusahaan, kususnya jika dilihat dari aspek dan perkembangan keuangan perusahaan. Termasuk dalam dunia perbankan, juga selalu dilakukan anilisis keuangan agar dapat mengontrol perkembangan finansial berdasarkan tujuan dari menganalisa keuangan tersebut. adapun beberapa tujuan analisis keuangan finansial sangat erat kaitannya dengan kredibilitas suatu usaha, dan tujuan dari usaha tersebut.


Berdasarkan hasil analisis yang dibuat, maka manajemen pengelolaan dapat membuat keputusan langkah – langkah apa saja yang dapat diambil. Lebih dari itu tujuan yang mendetail dari dilakukannya analisis keuangan untuk suatu usaha di antaranya.

1. Profitabilitas merupakan kemampuan perseroan untuk menghasilkan suatu keuntungan dan menyokong pertumbuhan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. profitabilitas perseroan biasanya dilihat dari laporan laba rugi yang dapat menunjukan laporan hasil kinerja perseroan tersebut.

2. Solvabilitas tujuan kedua yang merupakan kemampuan perseroan untuk memenuhi seluruh kewajibannya, yang diukur dengan membuat perbandingan seluruh kewajiban terhadap seluruh aktiva dan perbandingan seluruh kewajiban terhadap ekuitas.

3. Likuiditas adalah kemampuan perseroan untuk memenuhi kewajiban lancarnya usaha yang diukur dengan menggunakan perbandingan antara aktiva lancar dengan kewajiban lancar.

4. Stabilitas termasuk kemampuan perseroan dalam mempertahankan usahanya untuk jangka waktu panjang tanpa harus menderita kerugian. Untuk menilai stabilitas perseroan digunakan laporan laba rugi dan juga neraca keuangan perseroan serta berbagai indikator keuangan dan non keuangan lain.

Melihat dari tujuan analisis keuangan finansial yang dilakukan oleh berbagai jenis usaha, termasuk pemerintahan dan dunia perbankan, tentu saja membuat laporan keuangan harus dilakukan oleh orang yang ahli dan memiliki kemampuan dalam pembuatan laporan keuangan. Latar belakang pendidikan seorang yang membuat laporan tersebut harus diperhatikan dan penuh dengan pembekalan akuntasi, manajemen keuangan serta lainnya yang dapat membuatnya mampu dan bisa membuat serta menganalisa laporan keuangan. Tujuan dari dilakukannya pembuatan laporan keuangan oleh sumber daya berkemampuan tersebut, untuk menghindari yang namanya kekeliruan dan juga kesalahan pada laporan. Beragam analisis keuangan finansial juga bisa dibaca pada berita ekonomi dan bisnis setiap hari di situs berita.
Previous
Next Post »