Mengenal Alergi dan Gejala Awal yang Menyertainya

Klik Formasi - Banyak orang yang merasa kurang bebas hidupnya karena memiliki gangguan alergi pada tubuh, seperti tak boleh konsumsi jenis makanan tertentu, keterbatasan ruangan yang harus selalu steril hingga susu juga mempengaruhi kondisi tubuh. ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru lagi, karena hampir semua orang memiliki zat yang bisa memicu alergi pada tubuh. jadi sebelum terjadi alangkah baiknya mengenal alergi Anda sedini mungkin.


Gangguan tubuh yang satu ini sebenarnya tak hanya menyebabkan rasa yang kurang nyaman saja pada tubuh, melainkan juga beberapa orang memiliki resiko lebih berbahaya jika sudah berhubungan dengan alergi, baik dampak jangka pendek maupun jangka panjangnya. Apalagi bukan hanya orang dewasa saja, melainkan anak-anak juga rentan terkena masalah tersebut. Setidaknya ada beberapa gejala awal yang harus Anda ketahui agar penanganannya juga tak lambat, diantaranya adalah:

1. Gatal atau ruam pada kulit, sebagian diantara Anda mungkin pernah mengalami hal yang satu ini, namun bukan karena cacar. Bentol-bentolnya lumayan besar, terasa gatal namun jika digaruk akan terasa perih. Semakin lama dibiarkan umumnya ia akan membuat bagian-bagian tubuh mengalami pembengkakan parah.

2. Diare, diare sebenarnya adalah reaksi tubuh dalam menolak jenis makanan berbahaya yang masuk. Seperti mengandung parasit atau kuman berbahaya. Namun juga bisa jadi karena reaksi allergen. Mengingat usus atau sistem pencernaan sendiri mengandung sel mast yang paling tinggi. Sel yang dapat mengikat allergen dalam tubuh dan akan menunjukkan gejalanya disini.

3. Muntah, proses pencernaan yang tak sempurna umumnya juga bisa menyebabkan makanan yang sudah masuk dalam tubuh keluar kembali. Sama halnya seperti diare ia sebenarnya adalah mekanisme pertahanan jika ada zat yang kurang bagus masuk dalam tubuh.

4. Bersin, sebagian besar diantara gejala alergi yang terjadi pada saluran pernapasan selalu disertai dengan bersin, yaitu menolak benda-benda tersebut masuk dalam tubuh. Namun jika sudah menganggu pernapasan dalam akan disertai dengan pernapasan yang sesak bahkan mengeluarkan suara.
 
Tentunya wajib mengetahui pemahaman alergi yang tepat dan gejala-gejala awalnya ini.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
arin al-aziz
admin
2 Maret 2017 14.12 ×

Harus ditangani segera kalau sudah timbul gejala

Reply
avatar
Abdul Rozak
admin
3 Maret 2017 17.22 ×

Benar mbak biar tidak menjalar

Reply
avatar