Belajar Service TV Sendiri di Rumah Bagi Pemula

Klik Formasi - Sobat, belajar service TV sendiri di rumah yuk – Mempelajari ilmu elektronik menurut saya sama seperti belajar ilmu kedokteran, tidak ada habisnya. Dunia elektronik yang semakin maju kini sedikit banyak menuntut kita untuk belajar mengenal, mengetahui dan memperbaiki jika memungkinkan. Terutama untuk barang elektronik yang tidak terlalu rumit misalnya remote TV, kipas angin, laptop dll.


Ada beberapa barang elektronik yang sebenarnya bisa kita perbaiki sendiri asal kerusakannya tergolong dalam tingkat sederhana. Namun jika sudah masuk tahap serius misalnya TV rusak, ada baiknya kita menghubungi tukang service TV. Sekali lagi ini hanya jika kerusakannya sudah parah loh ya. Lalu bagaimana jika masih rusak-rusak sedikit? Perlu memanggil tukang service TV tidak? 

Sejarah televisi
Televisi berasal dari bahaya Yunani dan Latin yaitu tele artinya “jauh”  dan visio artinya penglihatan. Sejak tahun 1920 kotak televisi sudah menjadi barang yang biasa ada di rumah, kantor, institusi dan lembaga khususnya bagi mereka yang membutuhkan hiburan. Mengingat arti kata televisi adalah media telekomunikasi yang menyiarkan siaran dalam bentuk gambar dan suara. Meskipun pada awal perkembangannya televisi hanya terdiri dari dua warna yaitu hitam-putih namun sudah banyak yang meminatinya.

Seiring perkembangan jaman televisi kini menjadi benda yang tergolong wajib ada di rumah. Siaran yang dipancarkan pun kini sudah beragam mulai dari game,hiburan, informasi berita,  siaran langsung bahkan kita dapat mengakses internet lewat TV. Dari segi bentuk televisi juga mengalami pembaharuan. Jika dulu terlevisi berbentuk kotak dengan layar cembung dan memiliki tabung yang besar dibagian belakang, kini terlevisi lebih ramping dan terkesan elegan. Seperti misalnya TV LED dengan teknologi 3D yang merupakan produk terbaru dari perkembangan televisi.

Setelah memiliki televisi yang harus kita lakukan adalah merawatnya agar tidak cepat rusak. Namun seperti kata pepatah sepandai-pandai tupai melompat akhirnya jatuh ke tanah juga. Sepandai-pandainya kita menjaga sebuah benda akhirnya rusak juga. Tetapi kerusakan ini masih ada bagiannya, rusak ringan atau rusak berat. Jika televisi tersebut masih tergolong rusak ringan kemungkinan masih bisa diperbaiki sendiri. Salah satu contoh kerusakan ringan adalah: 

TV mati standby alias tidak mau hidup
Di dalam rangkaian televisi ada yang namanya IC Control yang berfungsi untuk menghidupkan televisi. Jika IC control rusak maka TV bisa mati standby karena IC processor tidak dapat memasukkan data ke IC control.  Penyebab kenapa TV bisa mati standby karena tersambar petir. Ini menyebabkan IC control tidak mau menyala. Selain itu IC control dan IC processor yang bersambungan hendaknya jangan sampai lembab atau basah jika ini terjadi segera keringkan agar kerusakannya tidak semakin parah.

Magnet
Magnet yang tidak sengaja di tempelkan ke layar televisi dapat menyebabkan kerusakan ringan pada TV. Ini biasanya dilakukan oleh anak-anak ketika bermain. Tanpa sengaja anak akan menempelkan magnet ke layar yang menyebabkan warna pada layar TV menjadi pecah dan gampar TV buram. Yang harus dilakukan adalah matikan TV setidaknya sampai setengah hari. Setelah dihidupkan, perhatikan layar TV jika dalam waktu satu jam warna TV tidak kembali normal maka kerusakan terjadi pada bagian LCD.

Stop kontak
Kadangkala kerusakan pada TV terjadi karena kelalaian si pemilik. Dan yang lebih sering lagi kerusakan tersebut tergolong ringan misalnya stop kontak yang sudah hampir putus dibiarkan. Lama kelamaan kabel stop kontak tersebut benar-benar putus. Tentu cara memperbaikinya sederhana, sambung kembali atau beli kabel yang baru dan pastikan tidak ada hewan seperti tikus di rumah yang doyan makan kabel. 

Jenis kerusakan ringan pada televisi memungkinkan kita untuk memperbaikinya sendiri. Namun jika ternyata televisi tetap tidak mau menyala ada baiknya menghubungi service TV untuk mendapat perbaikan yang maksimal agar televisi kembali menyala.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
arin al-aziz
admin
8 Maret 2017 21.49 ×

Keren yaa Kalau bisa melakukannya sendiri

Congrats bro arin al-aziz you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar