Tips Dalam Menjual dan Membeli Properti Agar Lebih Menguntungkan

Klik Formasi - Jual beli properti merupakan bisnis yang paling menguntungkan, ini dikarenakan dalam bisnis tersebut peluangnya besar bagi kamu yang ingin mendapatkan jumlah uang dalam jumlah besar. Tidak heran jika seorang agen properti merupakan profesi yang menjanjikan karena bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan properti mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah. Setiap orang dapat melakukan penjualan properti dengan catatan memiliki sebuah unit yang akan dijual. Sedangkan seorang agen properti tidak hanya menjual satu unit properti yang dimilikinya saja, namun juga harus bisa membantu orang lain dalam menjual unit propertinya.Itulah mengapa agen properti harus memiliki target penjualan dalam satu bulan agar penghasilannya dapat membuat hidupnya sejahtera.
 

Tidak hanya dalam jual properti saja, kamu bisa mendapatkan keuntungan, membeli properti juga bisa mendapatkan keuntungan. Namun yang perlu dijadikan catatan apakah kamu ingin membeli properti tersebut untuk kamu miliki saja sebagai aset atau ingin dijual kembali. Ini dikarenakan kedua langkah tersebut memiliki makna yang berbeda. Jika kamu ingin membeli unit properti tersebut untuk kamu miliki sebagai aset dan dijual kembali dalam beberapa bulan atau tahun bisa mendapatkan keuntungan dalam jutaan rupiah saja. Akan tetapi jika kamu menjualnya dalam beberapa tahun kemudian dan selama waktu tersebut rumah dikontrakkan, makan keuntungan yang kamu dapat jauh lebih besar. Oleh karenanya sebelum membeli properti diperlukan untuk mempertimbangkan beberapa faktor berikut, antara lain :
  • Lokasi
    Merupakan pertimbangan utama yang akan menentukan nilai jual kembali properti yang sudah kamu beli. Selain itu faktor ini juga menentukan seberapa cepatnya aset tersebut dipilih orang yang akan menyewanya untuk tempat tinggal. Jadi pilihlah lokasi properti sestrategis mungkin misalnya lokasinya tidak jauh dari jalan utama, dekat dengan beberapa fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit atau pasar swalayan dan sejenisnya.
  • Developer atau Pengembang
    Setiap properti yang dibangun baik berbentuk rumah hingga ruko sekalipun perlu kamu pelajari siapa perusahaan yang mengembangkannya. Tujuannya agar kamu lebih yakin developer tersebut merupakan pengembang yang terpercaya selalu membuat desain dan konstruksi bangunan yang baik. Hal ini juga bermanfaat bagi calon pembeli yang ingin memiliki properti yang akan kamu jual nantinya.
  • Sumber Air
    Hal ini tidak kalah penting sebab baik calon pembeli maupun calon penyewa yang tertarik dengan properti yang akan kamu jual akan memastikan sumber airnya selain dari fasilitas yang dimiliki. Ini dikarenakan air merupakan sumber utama kebutuhan hidup mulai dari mandi, mencuci hingga keperluan lainnya. Oleh karena itu pastikan sumber air yang dimiliki properti kamu berasal dari air tanah selain gratis, juga bisa digunakan untuk beragam keperluan. Namun jika air tersebut tidak higienis untuk dikonsumsi, maka pilihlah sumber air PDAM.
  • Fasilitas
    Mulai dari failitas keamanan dan fasilitas publik yang dimiliki sebuah properti akan, mempengaruhi nilai tambah unit tersebut. Oleh karenanya jika ingin membeli properti utamakan yang memiliki fasilitas keamanan seperti kamera cctv dan sejenisnya, sehingga kamu tinggal membayar biaya pemeliharaannya saja, dan tentunya lebih murah dibandingkan kamu memasang sendiri dari awal.

Nah beberapa faktor tersebut perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli unit properti, sehingga tujuan kamu investasi pun lebih aman dan menguntungkan. Kemudian bagi kamu yang agen properti atau memang ingin menjadi agen properti sebelum menjual unit juga kamu arus memperhatikan beberapa hal berikut, antara lain :
  • Target Pasar
    Ketika kamu memiliki unit yang akan dijual kepasar, maka perhatikan terlebih dulu kriteria pembeli yang diinginkan. Tujuannya agar ketika kamu menawarkan unit tersebut dan menjelaskan fasilitasnya tidak sia-sia karena kamu menjual unit pada orang yang sesuai dengan kondisi ekonominya. Dengan begitu pula peluang kamu berhasil melakukan penjualan pun jadi jauh lebih besar.
  • Iklan
    Hal ini merupakan bagian terpenting yang akan mempengaruhi proses penjualan kamu. Ini dikarenakan ketika kamu memasang iklan dengan budget yang tepat dan media iklan yang sesuai, maka iklan yang kamu pasang pun akan membuahkan hasil yang menjanjikan. Sebagai contoh kamu ingin membidik target calon pembeli kelas menengah keatas karena unit properti yang dijual harganya cukup tinggi, maka pilihlah media iklan yang berpengalaman yang memiliki jaringan luar seperti surat kabar terkenal.
  • Referensi
    Faktor ini juga berperan cukup penting untuk membantu penjualan unit properti yang kamu jual agar sesuai target. Referensi yang dimaksud seperti teman, saudara, dan masih banyak lagi tentunya dengan menawarkan insentif yang sesuai bila ada referensi dari mereka yang ingin membeli unit properti.
 
Nah dari penjelasan tersebut kamu bisa lebih siap dalam menjalankan bisnis properti secara mandiri atau melalui sebuah agen properti. Dengan menerapkan cara tersebut dan konsisten, maka hasil penjualan yang diharapkan pun akan menyesuaikan.
Previous
Next Post »