Mengenal Jenis-Jenis Alat Pembayaran Non Tunai Era Modern

Klik Formasi - Belanja merupakan kegiatan yang disukai hampir setiap orang khususnya kaum wanita. Jika melihat barang diskon atau beli satu gratis satu tentu mata jadi melalak dan akhirnya terjadilah proses jual beli. Kadangkala barang yang dibeli itu bukanlah sesuai dengan kebutuhan. Namun karena adanya dorongan dari dalam diri untuk memilikinya maka seringkali barang-barang yang kurang dibutuhkan terbeli. 


Dalam melakukan pembayaran kita mengenal uang sebagai alat pembayaran. Namun dijaman modern ini kita tidak perlu selalu membawa uang cash jika ingin berbelanja. Ada beberapa jenis alat pembayaran non tunai misalnya:

1. Kartu kredit 
Kartu kredit adalah alat pembayaran transaksi dengan sistem kredit. Disini pihak bank mengeluarkan kartu yang berisi sejumlah uang untuk dipinjamkan kepada konsumen. Uang tersebut dapat digunakan sebagai alat pembayaran.

Menggunakan kartu untuk membayar sesuatu memang mudah, tinggal gesek, selesai. Namun tahukah sobat bahwa kartu kredit memiliki limit pengeluarannya? Sebelum membuat kartu kredit biasanya pihak bank akan menawarkan sejumlah angka yang bisa digunakan. Jumlah uang dalam kartu kredit nantinya harus dilunasi sebelum jatuh tempo. Inilah salah satu efek negatif dari penggunaan kartu kredit, kita harus selalu membayar hutang sehingga bukan tidak mungkin keuangan menjadi kacau. Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakannya.

2.  Kartu debit 
Berbeda dengan kartu kredit, kartu debit berisi uang yang berasal dari tabungan kita. Kartu debit dapat menjadi alat pembayaran dengan hanya mengurangi jumlah uang dalam tabungan. Anda tidak perlu membayar atau melunasi jumlah tersebut pada pihak bank. Selain itu kartu debit juga bisa digunakan untuk mengisi kembali saldo tabungan lewat mesin ATM. Menggunakan kartu debit lebih mudah dan bisa digunakan dimana saja bahkan hingga ke luar negeri.  Hal ini karena banyak negara menggunakan kartu debit sebagai alat pembayaran non tunai.  Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan kartu sebagai alat pembayaran non tunai yaitu. 

·    Aman >> menghindari dari perampokan.
·    Nyaman >> tidak perlu khawatir jika berbelanja terlalu banyak.
·    Praktis >> pembayaran lebih cepat dilakukan dan tidak bertele-tele.
·    Mudah >> hanya dengan satu kartu boleh membayar banyak barang.

3.  Cek
Ketika menerima cek kebanyakan orang akan sumringah karena merasa senang, bagaimana tidak. Cek adalah kertas yang berisi sejumlah uang yang dapat dicairkan ke bank. Biasanya dalam jumlah banyak. Cek tidak dapat dipindahtangankan dan hanya nama yang tertera di dalam cek yang dapat mencairkan uang tersebut. Pihak bank akan mengeluarkan jumlah uang secara cash atau dapat juga dipindahbukukan sesuai dengan permintaan pemilik cek.

4.  Layanan Dompetku
Layanan Dompetku merupakan alat transaksi dan pembayaran yang sangat inovatif. Selain memudahkan dalam melakukan transaksi keuangan, Dompetku Plus juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran online. Berbagai transaksi dapat sobat lakukan di genggaman tangan sobat sekalian melalui aplikasi yang bisa sobat download di Store.

Dari ketiga alat pembayaran non tunai tersebut, manakah yang paling sering sobat gunakan? Apapun jenis pembayarannya pastikan ianya digunakan hanya benar-benar dalam keadaan diperlukan. Karena dalam banyak kasus yang sering terjadi adalah orang menggunakan berbagai jenis alat pembayaran ini untuk sesuatu yang terkadang kurang penting mengingat cara pembayarannya mudah sehingga membuat orang terlena. Semoga bermanfaat ^^
Previous
Next Post »