Perawatan Kendaraan Rutin, Demi Keselamatan!

Klik Formasi - Kepemilikan kendaraan didasari berbagai macam latar belakang. Salah satunya adalah kebutuhan akan transportasi untuk menunjang aktifitas keseharian, bekerja, dan sebagainya. Pada saat menggunakan kendaraan, pastinya semua orang tidak menginginkan adanya masalah, terutama pada saat-saat dibutuhkan. Salah satunya merawat mobil dirumah, dan juga jangan lupa untuk melakukan perawatan berkala.


Merawat mobil dirumah memang susah-susah gampang, namun terkadang kita terlalu menggampangkan perawatan mobil itu sendiri. Akibatnya kerusakan pada sistem mobilpun terjadi. Berikut beberapa tips tentang kesalahan yang sering dilakukan pengguna mobil.

1. Menghidupkan AC pada RPM tinggi
Biasakan menghidupkan AC mobil ketika Rotation Per Minute (RPM) rendah atau pada saat mesin idle ketika pedal gas tidak diinjak. Jangan menyalakan AC ketika mobil tengah melaju dan RPM tinggi. Cara itu untuk menghindari gesekan yang terlalu keras antara pulley dan pressure plate pada kompresor AC, dan kerja mesin lebih berat.

2. Mencuci lantai kabin dengan air
Sistem audio mungkin yang paling rentan akibat perlakuan ini. Sistem audio bisa rusak bila air mengenai komponen kelistrikan. Kemungkinan paling fatal adalah bodi bawah mobil bisa berkarat. Gunakan lap lembab untuk membersihkan lantai kendaraan.

3. Memakai deterjen untuk mencuci mobil
Seperti diketahui bodi mobil akan semakin kinclong begitu dicuci menggunakan deterjen. Tapi akibatnya bahan yang terkandung pada deterjen tersebut dapat merusak warna eksterior. Gunakan shampoo khusus bodi mobil.

4. Balancing & Spooring Seperlunya.
Melakukan balancing & spooring sepertinya masih jarang dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Kebanyakan aktivitas tersebut hanya dilakukan pada saat diperlukan, atau saat mobil ada keluhan. Sebaiknya lakukan balancing dan spooring setiap 10.000 atau 20.000 km. Balancing & Spooring juga bisa menekan konsumsi BBM lebih rendah, ban pun tidak cepat menjadi gundul.

5. Menghidupkan mesin di pagi hari sambil menginjak gas
Jangan menginjak pedal gas ketika menghidupkan mesin di pagi hari. Jika kerap dilakukan bakal menimbulkan efek yang tidak baik pada kendaraan kita. Soalnya pelumas belum sepenuhnya melumuri mesin saat mesin baru dihidupkan. Gesekan yang tiba-tiba tanpa oli ini bisa membuat usia mesin pendek.

6. Tidak pernah servis rutin dan hanya ganti oli
Masih banyak pemilik mobil hanya melakukan pergantian oli mobil, perseneling dan gardan, tapi langkah tersebut tidak dibarengi dengan servis rutin demi menekan budjet. Cara tersebut sangat salah, mesin akan semakin optimal jika sepenuhnya diperhatikan. Dengan begitu mobil tetap awet dan nyaman ketika digunakan.

Ada beberapa kesalahan manusia dalam mengemudi yang bisa saja menyebabkan kerusakan mobil tersebut, salah satunya adalah terlalu ceroboh saat melakukan pemindahan transmisi. Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah memindahkan transmisi ketika kopling belum diinjak sepenuhnya atau memasukkan gigi maju maupun mundur ketika mobil melaju ke arah berlawanan. Kejadian ini tentu saja membuat beberapa komponen menjadi bekerja tidak seperti seharusnya. Jika terus dilakukan berulang-ulang maka mesin mobil pun akan mati secara tiba-tiba.

Bagi anda pemilik mobil tentu selalu mendambakan kendaraan anda tersebut tampil prima dan selalu mempunyai warna mengkilap agar selain nyaman dikendarai juga membuat percaya diri ketika digunakan. Namun sayangnya tidak selamanya mobil bisa tampil baik karena di satu sisi mobil pun juga harus mendapatkan perawatan baik di bagian dalam maupun luar. Bagi pemilik malas tentu akan menjadi bencana besar ketika sebuah kerusakan sepele tidak segera diperbaiki dan akhirnya suatu saat menjadi kerusakan yang fatal dan justru menghabiskan banyak uang.

StarOfService dengan daftar lengkap mekanik perbaikan mobil yang handal di setiap kota sehingga anda bisa mendapatkan mekanik mobil dengan kriteria yang anda inginkan, dan dilengkapi dengan sertifikat profesi dan pengalaman dalam bidang perbaikan mobil dapat membantu anda menyelesaikan permasalahan kendaraan anda yang memerlukan perawatan ataupun perbaika. Mudahkan segala urusan perawatan dan perbaikan kendaraan anda dengan dibantu oleh mekanik kendaraan yang terdaftar di platform StarOfService.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
arin al-aziz
admin
31 Januari 2017 16.34 ×

Siiiip mas. Thanks infonya

Reply
avatar
31 Januari 2017 19.30 ×

Informasi yg bermanfaat sekali. Nuwus

Reply
avatar