Perencanaan Keuangan Keluarga Muda Kunci Masa Depan yang Cerah

Klik Formasi – Berbicara tentang uang serasa tidak akan pernah ada habisnya. Uang selalu menjadi pembahasan yang populer dari waktu ke waktu. Bahkan ada ungkapan “Time is Money”, yang berarti menyamakan antara uang dan waktu. Singkatnya, membuang waktu sama halnya dengan membuang uang.

Seperti yang kita ketahui bahwa mencari uang tidaklah mudah di era saat ini. Lapangan pekerjaan yang ada tidak sebanding dengan banyaknya calon tenaga kerja. Ironisnya kebanyakan masyarakat di tengah keterbatasan ini justru menerapkan perilaku yang hedonis, yakni mudah menghamburkan uang. Perilaku hedonis ini akan mengantarkan pelakunya galau apabila dalam situasi mendesak butuh uang, akan tetapi tidak dijumpai sepeserpun di kantong dan dompetnya.

Dalam rangka menepis kegalauan akan uang dalam kondisi wajar atau terdesak, perlu sekiranya kita belajar untuk membuat suatu perencanaan keuangan, terutama pasangan yang baru menikah atau keluarga muda. Mengapa demikian? Pada realitanya keluarga muda masih sangat rentan terhadap ketidakteraturan mengelola uang. Penyebabnya antara lain belum ada pengalaman serta pelajaran dan seringkali menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu diperlukan. Dengan demikian perencanaan keuangan keluarga muda sangat dibutuhkan demi terwujudnya masa depan yang baik.


Untuk itu ada beberapa tips bagaimana membuat perencanaan keuangan yang baik bagi keluarga muda, sebagaimana berikut:
1.  Membicarakan Kebutuhan dengan Pasangan
Mulailah dengan membicarakan dan menganalisis kebutuhan keluarga dengan pasangan. Melakukan hal ini secara tidak langsung anda telah menanamkan sikap keterbukaan di dalam keluarga baru anda. Selain itu cara ini akan menghasilkan keputusan yang bijak karena keputusan diambil bersama dan bukan sepihak.

2.  Mengutamakan Kebutuhan Primer
Keluarga muda yang budiman, penting bagi kita untuk mengutamakan kebutuhan primer terlebih dahulu. Sebagaimana yang kita tahu, kebutuhan primer meliputi sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (tempat tinggal) atau kebutuhan lain yang sifatnya tidak bisa ditunda. Analogi sederhananya, jangan membeli mobil terlebih dahulu sebelum pemenuhan terhadap pangan terjamin, atau anda akan memiliki mobil dengan kondisi perut keroncongan berkepanjangan.

3.  Menabung untuk Masa Depan
Cobalah untuk menyisihkan sebagaian pemasukan untuk menabung. Menabung akan sangat berguna bagi masa depan terutama dalam situasi terdesak yang membutuhkan dana secepatnya. Tidak perlu menunggu banyak penghasilan dulu baru menabung, tapi menabunglah maka uang anda akan bertambah banyak. Bukan begitu?

4.  Menggunakan Layanan Transaksi Terpercaya
Di tengah kemajuan teknologi seperti sekarang ini, banyak layanan-layanan transaksi bermunculan. Layanan transaksi tersebut memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam bertransaksi, baik online, offline, maupun melalui sms. Guna mengatur keuangan, anda bisa mencoba untuk menggunakan layanan transaksi yang ada.

Bagi anda pasangan baru, tidak perlu berpikir panjang dan menunda-nunda lagi untuk membuat perencanaan keuangan keluarga muda. Masa depan yang baik tidak datang begitu saja. Dan salah satu caranya adalah pandai mengatur keuangan keluarga dengan baik. Selamat mencoba!!
Previous
Next Post »

13 komentar

Click here for komentar
Yafi Vedda
admin
22 Desember 2016 22.18 ×

Boleh ane bookmark dulu nih, masa depan bersama pasangan ane masih jauh, hehe

Reply
avatar
Abdul Rozak
admin
22 Desember 2016 22.26 ×

Boleh gan, semoga segera membangun masa depan hehe

Reply
avatar
arin al-aziz
admin
22 Desember 2016 22.38 ×

Cocok banget untukku yg segera nikah.

Reply
avatar
arin al-aziz
admin
22 Desember 2016 22.38 ×

Cocok banget untukku yg segera nikah.

Reply
avatar
Abdul Rozak
admin
22 Desember 2016 23.16 ×

Bener banget mbak :)

Reply
avatar
Dwi Siswanto
admin
23 Desember 2016 12.35 ×

Ia..betul sekali gan, ..emang perencanaan keuangan sejak dini sangat di pertimbangkan. Jangan sampai nyesel di kemuduan hari...info yang keren gan...makasih

Reply
avatar
23 Desember 2016 15.24 ×

Kalau saya lebih ke investasi. Bagus, memotivasi.

Reply
avatar
Abdul Rozak
admin
23 Desember 2016 15.29 ×

Sini mas, saya siap jadi investor.

Reply
avatar
Don Soe
admin
23 Desember 2016 19.18 ×

perencanaan keuangan sejak dini memang sangat penting, apalagi skrg harga properti mahal mahal

Reply
avatar
Abdul Rozak
admin
23 Desember 2016 19.28 ×

Mantap gan kalau bisa ngatur keuangan

Reply
avatar
no la
admin
24 Desember 2016 22.56 ×

menabung untuk masa depan itu nggak tau kenapa paling susah, padahal penting banget.. tiap abis gajian bawaannya pengen foya-foya terus.. huhuhu.. thanks for sharing yaa.. :)

Reply
avatar
Abdul Rozak
admin
30 Desember 2016 22.35 ×

Sama2 gan.. Semangat nabung.

Reply
avatar